Header Ads

  • Rilis Baru

    Perkembangan Mata Kuliah Instrumentasi dan Manfaatnya Dalam Kehidupan

    Apa yang pertama kali ada di pikiran jika mendengar kata Mata Kuliah Instrumentasi? Pasti yang pertama dipikirkan adalah instrumen musik atau alat permainan lainya. Padahal instrumentasi selalu ada di dekat kita.

    Contohnya adalah air conditioner di rumah-rumah. Air conditioner memiliki suhu yang pas, tidak panas dan tidak dingin karena diatur oleh instrumentasi tersebut. Instrumentasi ada dan bersenyawa dalam keseharian kita, hanya mungkin beberapa di antara kita tidak menyadarinya.

    Tidak hanya di industri besar, di sekitar rumah, bahkan di dalam rumah pun kita bisa menemukan instrumentasi. Definisi bebasnya, instrumentasi adalah pengaplikasian dan pemrograman alat-alat instrumen ke dalam alat instrumentasi sehingga menjadi lebih bermanfaat.

    Seiring dengan berkembangnya teknologi, semakin banyak perlatan sehari-hari yang menggunakan prinsip instrumentasi. Peralatan tersebut berguna untuk memudahkan pekerjaan manusia.

    Contoh:

    • Penggunaan pengatur panas pada setrika
    • Penggunaan remote control
    • Pemanfaatan teknologi instrumentasi untuk pembuatan robot dengan kecerdasan buatan atau sering disebut AI.
    Dengan semakin banyaknya bidang kehidupan sehari-hari yang memanfaatkan instrumentasi ini, tidak heran semakin banyak perguruan tinggi baik negeri ataupun swasta yang memasukkanmata kuliah instrumentasi di silabus mata kuliahnya.

    Mata Kuliah Instrumentasi

    Mata Kuliah Instrumentasi Memperkenalkan Teknologi Flapper-Nozzle

    Instrumentasi mengalami awal perkembangan di tahun 1930-an. Saat itu semua pabrik berlomba-lomba membuat alat untuk menekan biaya produksi sehingga keuntungan yang didapat menjadi lebih tinggi.

    Perkembangannya semakin maju saat pada tahun 1970-an saat instrumentasi pneumatik yang menggunakan teknologi flapper-nozzle, tabung tembaga dengan angin instrument merupakan instrumentasi yang tergolong teknologi tinggi pada saat itu.

    Ditahun 70 an rangkaian analog dan transistor juga mengalami perkembangan yang cukup signifikan. Yaitu, peningkatan kemampuan pada instrumentasi dan sistem kontrolnya yang jauh lebih baik.

    Kemajuan ini mengakibatkan instrumentasi dan sistem kontrol dengan teknologi elektronik analog dapat menggantikan teknologi pneumatik.

    Pada awal 90-an, teknologi elektronik analog mengalami kemunduran dan digantikan oleh komputer digital dengan mikro prosesornya. Hingga saat ini penerapan instrumentasi semakin luas sehingga mata kuliah instrumentasi menjadi salah satu mata kuliah yang banyak peminatnya di jurusan ilmu terapan.

    Saat ini hampir semua industri berkaitan dengan teknologi. Bahkan untuk industri yang paling sederhana, seperti distribusi barang, menggunakan teknologi untuk memudahkan mencapai tujuannya.

    Manfaat Perkembangan Mata Kuliah Instrumentasi

    Dengan semakin banyaknya industri yang menggunakan teknologi, semakin banyak pula kebutuhan akan ahli instrumentasi. Jika setelah membaca uraian diatas kita pasti akan berpikir instrumentasi hanya digunakan untuk industri elektronik, sebetulnya tidak.

    Instrumentasi saat ini digunakan di semua industri. Pada industri otomotif, instrumentasi digunakan salah satunya di bagian perakitan mobil.

    Bagian perakitan mobil menggunakan instrumentasi agar pekerjaannya menjadi lebih efisien dan cepat. Dengan teknologi instrumentasi bagian perakitan mobil dapat memasang bagian yang susah dijangkau dengan mudah, dapat mengangkat bagian mobil yang berat dengan mudah dan dapat merakit 1 buah mobil utuh dengan cepat.

    Jika dulu dalam merakit satu buah mobil memerlukan waktu lebih dari 30 menit, saat ini dengan dibantu teknologi instrumentasi merakit mobil hanya butuh waktu kurang dari 5 menit. Saat ini juga teknologi instrumentasi digunakan untuk mengembangkan teknologi Nano. Teknologi Nano ini diproyeksikan akan sangat bermanfaat kedepannya.

    Dengan teknologi Nano, manusia mampu membuat robot dengan kecerdasan buatan seperti halnya manusia. Kemajuan teknologi, selain membawa kemudahan dan kemajuan juga pasti membawa ancaman bagi manusia itu sendiri.

    Dengan berkembangnya mata kuliah instrumentasiakan semakin menyingkirkan peran manusia. Untuk itu kita harus bijak menyikapi perkembangan teknologi instrumentasi dengan bijak agar kemajuan teknologi selayaknya menjadi kemudahan bukan ancaman.

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad