Header Ads

  • Rilis Baru

    Instrumentasi Pengolahan Minyak Tanah

    Mungkin kamu sudah sering mengenal atau mengetahui apa itu instrumentasi. Untuk mempertegas pengetahuanmu tentang instrumentasi tersebut, saya akan membahas lebih detail lagi demi meluruskan persepsi yang berbeda.

    Yang termasuk dalam instrumentasi adalah alat-alat atau device. Instrumentasi ini kemudian digunakan untuk pengendalian atau pengukuran sistem yang lebih kompleks dan lebih besar.

    Instrumentasi Pengolahan Minyak Mentah

    Penerapan Instrumentasi Industri dan Alat-alat Instrumentasi Minyak Bumi

    Jangan salah, bahwa instrumentasi  bisa berarti alat untuk menghasilkan efek suara, seperti pada instrumen alam musik, akan tetapi secara garis besar instrumentasi memiliki 3 fungsi utama. Fungsi tersebut terdiri atas: sebagai alat analisa, sebagai alat pengukur, dan sebagai alat kendali.

    Begitu juga dengan instrumentasi industri yang didefinisikan sebagai suatu teknik penggunaan instrumen atau peralatan—yang digunakan pada suatu industri—untuk mengontrol sifat-sifat kimia dan sifat-sifat fisika dari suatu material agar mendapatkan nilai plus dari material tersebut.

    Di bawah ini saya ulas peralatan pengolahan minyak bumi beserta penjelasannya.

    1. Pompa

    Pompa merupakan bagian penting dalam suatu instalasi kilang minyak, sebab digunakan untuk memindahkan liquid dari satu tempat ke tempat lain.

    2. Heat Exchanger

    Merupakan alat penukar kalor atau panas antar-liquid, yang proses destilasi alat ini digunakan sebagai pemanas minyak menyah yang hendak dimasukkan ke dalam kolam destilasi, serta untuk mendinginkan fraksi yang keluar dari dalam kolom.

    3. Desalter

    Digunakan untuk menghilangkan garam yang terkandung dalam minyak bumi. Cara kerja dari alat ini adalahmencampurkan minyak mentah kemudian air mineral. Campuran ini kemudian akan larut bersama air.

    Kemudian dikontakkan dengan pelat yang dialiri oleh tegangan listrik AC, maka ion-ion yang ada di dalam minyak tertarik ke katup-katup pelat secara otomatis. Sisanya, air yang terisi mineral akan membesar dan jatuh ke dasar tangki desalter.

    4. Furnace

    Merupakan proses terjadinya pemanasan minyak mentah yang mengalir dari dalam pipa sebelum diarahkan ke dalam kolom destilasi.

    5. Kolom destilasi

    Crude oil yang sudah dipanaskan, kemudian dimasukkan ke dalam kolam destilasi. Di kolom ini, akan terjadi penguapan molekul-molekul minyak. Di dalam penguapan ini akan terjadi pemisahan fraksi tertentu sesuai titik didihnya.

    6. Kolom stripper

    Berfungsi untuk mengeluarkan fraksi yang lebih ringan dari dalam fraksi yang lebih berat.

    7. Condensor

    Digunakan untuk mencairkan fraksi gas yang dihasilkan dari kolom destilasi.

    8. Cooler

    Alat yang berguna untuk mendinginkan suatu produk yang mempunyai panas yang tinggi, maka tidak bisa ditampung ke dalam tangki.

    9. Separator

    Digunakan untuk memisahkan dua zat yang tidak mampu larut.

    10. Perpipaan

    Sebagai tempat mengalirnya suatu fluida dari suatu tempat ke tempat lain.

    11. Instrument

    Yang terdiri atas data-data suatu proses yang sedang terjadi di lapangan. Ini memiliki fungsi untuk menjaga dan memantau kestabilan proses produksi sesuai dengan System yang di terapkan.

    Penerapan Teknik Instrumentasi pada Pengolahan Minyak Mentah

    Beberapa penerapan soal teknik instrumentasi di dalam pengolahan minyak mentah (oil refinery) adalah salah satu contohnya. Unsur-unsur yang terdapat (terkandung) di dalam minyak mentah mempunyai titik didih atau boiling point yang berbeda-beda, sehingga dengan memanaskan minyak mentah tersebut hingga di mencapai temperatur tertentu, unsur-unsur  tersebut akan menguap, selanjutnya dapat kembali di dinginkan atau kondensasikan.

    Ini memudahkan kamu untuk memisahkan (mengekstrak) unsur tersebut dari minyak panas. Melalui cari seperti ini, kamu bisa mendapatkan solar, bensin, pertalite, minyak tanah (dulu), dan lain sebagainya—yang berasal dari bahan minyak mentah.

    Pada ulasan kali ini, instrumentasi memiliki peran yang penting dalam mengontrol sifat-sifat kimia dan sifat-sifat fisika, seperti temperatur, tekanan, dan lain sebagainya, dari minyak mentah sehingga diperoleh nilai tambah dari minyak mentah tersebut: solar,minyak tanah,bensin, dan lain-lain.

    Pada dasarnya sistem instrumentasi memiliki 4 langkah penting dalam melakukan pengontrolan. Keempat langkah tersebut sebagai berikut.

    • Mengukur
    • Menghitung, dan
    • Mengoreksi
    • Membandingkan

    Setelah mengetahui empat langkah pengontrolan, maka usai juga perjumpaan kali ini yang membahas tentang instrumentasi. Semoga artikel ini memberikan informasi yang sesuai dengan kebutuhanmu.

    Sekian dari saya, terima kasih, dan sampai jumpa di lain kesempatan.

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad