Header Ads

  • Rilis Baru

    Mengenal Alat Instrumentasi Oseanografi

    Jikalau kamu mendeskripsikan makna kata instrumen, maka memiliki pengertian sebagai alat-alat atau device yang digunakan untuk mengukur dan mengendalikan dalam sebuah sistem yang ukurannya lebih besar dan lebih rumit atau kompleks. Sesuai dengan pengertiannya, kali ini saya akan membahas tentang alat-alat instrumentasi yang barangkali sering kamu jumpai di sekitar tempat tinggalmu.

    Instrumentasi Osenaografi

    Alat Instrumentasi Oseanaografi

    Namun, pembahasan kali ini lebih saya tunjukkan kepada alat-alat instrumentasi osenaografi agar kamu lebih fokus dalam menelaah ulasan dari saya. Di dalam osenaografi fisika kamu bisa mempelajari bentuk dan struktur pada laut dalam dan permukaan.

    Maka dari itu, kamu perlu menggunakan alat yang mampu membantu memantau keadaan laut tanpa harus kamu terjun langsung ke dalamnya. Agar kamu bisa mengetahui keadaan permukaan, dasar, dan dalam laut, bisa saja kamu menggunakan alat yang sudah dirancang khusus oleh beberapa ilmuan.

    Alat tersebut mempunyai beragam fungsi dan kegunaan masing-masing, seperti CTD,current meter,hand refraktometer,pH meter,shieve shaker,DO meter,ayakan bertingkat, dan alinometer.

    Dan terdapat alat yang terbuat dari bahan-bahan yang sederhana, seperti float tracking atau floating dragh, sechi disk, danpapan skala, yang digunakan hanya untuk permukaan laut saja. Sebagai contoh: mengukur kecepatan arus, kecerahan suatu perairan,dan pasang-surut.

    Pada paragraf selanjutnya akan saya ulas tentang alat instrumentasi oseanografi. Ulasan tersebut terdiri atas empat poin.

    1. CTD (Conductivity Temperature Depth)

    Merupakan instrumen yang dipakai untuk pengukuran karakteristik air, seperti salinitas, kedalaman, suhu, tekanan, dan densitas. Pada dasarnya CTD terdiri atas unit masukan data, unit luaran, dan sistem pengolahan.

    CTD memiliki manfaat sebagai pengukuran Conductivity,temperature per kedalaman yang sudah dilengkapi oleh sensor pH, turbidity, DO, PAR, Fluoresence. Unit masukan data terdiri atas, sensor CTD, rosette, botol sampel, kabel koneksi, dan lain sebagainya. pada sensor memiliki fungsi untuk mengukur parameter karakteristik fisik dari air laut, yang terdiri atas sensor tekanan, konduktivitas, dan temperatur.

    Botol sampel memiliki fungsi sebagai wadah sampel air, sedangkan rosset berfungsi sebagai pengatur penutup botol. Kabel koneksi memiliki fungsi sebagai penopang, serta berfungsi untuk mengantarkan sinyal. Telekomando akan memberikan sinyal kepada bagian rosset agar menutup botol secara berurutan, seusai mendapatkan sampel air laut.

    2. Hand Refraktometer

    Merupakan alat ukur yang digunakan untuk mengukur indek bias suatu zat. Definisi dari indek bias cahaya suatu zat adalah kecepatan cahaya di dalam ruang hampa akan dibagi dengan kecepatan cahaya dalam zat tersebut. Lain dengan refraktometer: alat yang digunakan untuk mengukur kadar atau konsentrasi bahan terlarut.

    3. Satuan ukur yang digunakan adalah pH, dan diukur menggunakan pH meter

    Cara kerjanya adalah mengurai kadar alkali atau derajat tingkat kadar keasaman dari suatu larutan. Unit pH diukur pada skala nol hingga empat belas. Istilah pH berasal dari “p” lambang matematika dari negatif logaritma, sedangkan “H” merupakan lambang kimia untuk unsur Hidrogen.

    Zat keasaman ini disebut sebagai kadar ion hidrogen, dan dilambangkan dengan H+, atau sebagai pH yang berarti –log [H+]. Dengan kata lain, pada pH adalah ukuran dari kekuatan suatu asam.

    Untuk cara kerjanya, kamu membutuhkan pH meter, untuk mengukurnya, kemudian celupkan ke dalam air yang akan diukur, kira-kira kedalaman 5 sentimeter, dan secara otomatis alat akan bekerja mengukur.

    4. Ayakan Bertingkat dan Shiever Shaker

    Shiever Shaker adalah mesin pengayak untuk memisahkan partikel secara mekanik sesuai dengan ukuran partikel dalam skala laboratorium.

    Pengayakan terdapat di laboratorium oseanografi yang dilakukan untuk menentukan ukuran butir sedimen tertentu berdasarkan dengan yang ditentukan.

    Usai sudah perjumpaan kali ini, yang membahas tentang alat-alat instrumentasioseanografi. Semoga dengan membaca artikel ini kamu memperoleh segala manfaat berupa informasi yang sesuai dengan kebutuhanmu. Sekian dari saya dan terima kasih.

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad