Header Ads

  • Rilis Baru

    Ingin Melanjutkan Ke Bangku Kuliah? Baca Dulu Bagaimana Prospek Kerja Jurusan Instrumentasi?!

    Prospek kerja jurusan instrumentasiselain untuk mengembangkan potensi, kamu bisa meraih berbagai kesempatan jika program studi yang kamu pilih sesuai dengan kapasitas, kemampuan, dan prospek kerja di tahun selanjutnya.

    Nah, untuk memahami situasi tersebut, tidak ada salahnya kamu membaca artikel ini. Apalagi bagi kamu yang menyukai bidang elektronika, tak salah untuk menyadari jika prospek kerja jurusan instrumentasi akan terpampang jelas setelah lulus.

    Prospek Kerja Jurusan Instrumentasi

    Prospek Kerja Jurusan Instrumentasi Elektronika Dan Instrumentasi Itu Sendiri

    Mungkin kamu masih bertanya-tanya hubungan elektronika dan instrumentasi. Jangan takut, artikel ini selain membahas tentang prospek kerja jurusan instrumentasi, segala informasi yang menyangkut dua hal tersebut akan saya bahas hingga detail.

    Pada dasarnya program study yang berhubungan dengan elektronika dan instrumentasi, yang memiliki akronim Elins, merupakan bentuk dari “jembatan” penghubung antara ilmu murni dengan ilmu rekayasa, sehingga dalam pelaksanaannya banyak alumni yang berkutat dengan berbagai masalah yang menyangkut teknik, meski tetap mempunyai daya analisa dan ketelitian sebagai seorang ilmuan.

    Jika kamu memilih program studi elektronika dan instrumentasi, maka kamu akan berkutat dengan segala hal yang berkaitan denganmikroprosesor, mikrokontroler, embeded sistem, dan lain sebagainya. tak heran jika instrumentasi dan elektronika tidak bisa terpisahkan.

    Kelak, saat kamu memilih program studi ini, kesibukan dalam hal-hal instrumen, seperti instrumen pengukur besaran fisis, macam osilator, kemudian alat-alat dan Piranti (device) yang kamu gunakan untuk mengukur dan mengendalikan suatu sistem yang lebih kompleks dan lebih besar.

    Contoh Penerapan Prospek Kerja Jurusan Instrumentasi

    Sebagai contoh pada penerapan embeded sistem. Kamu akan bergelut dengan kegiatan yang berhubungan dengan mesin komputer, mesin ATM, dan lain sebagainya. Tidak berbeda jauh dengan mikrokotroler dan mikroprosesor yang berhubungan dengan perancangan komputer mikro.

    Sebagai informasi tambahan, instrumentasi elektronika terdapat bentuk variabel kimia dan fisis atau fisika yang digunakan sebagai dasar kendali dalam bidang instrumentasi, yang meliputi tekanan, kecepatan aliran, ketinggian cairan atau level, suhu atau temperatur, kepadatan benda dan kekentalan, serta konduktivitas.

    Nah, kalau berbicara tentang prospek lapangan kerja di bidang instrumentasi, kamu tidak perlu khawatir. Seperti yang saya utarakan di paragraf kedua, jika instrumentasi dan elektronika merupakan jembatan antara teknik dan sains.

    Maka kamu bisa bekerja di bidang yang berkaitan dengan kedua hal tersebut. Beberapa peluang kerja yang bisa kamu dapatkan akan saya bagikan dalam bentuk poin-poin di bawah ini.

    • Instrumentasi industri. Dengan konsentrasi di bidang ini, kamu bisa bekerja di beberapa pabrik atau tempat produksi, seperti pabrik perakitan sepeda motor, perakitan mobil, pabrik pembuat telepon genggam, pabrik pembuat chip, pabrik pembuat komputer, dan lain sebagainya.
    • Instrumentasi kelautan. Nah, lewat bidang ini kamu bisa memperoleh pekerjaan yang berkaitan dengan kelautan, seperti menentukan arah angin dan kecepatan angin, instrumentasi pengukuran suhu, berkoordinasi tentang DisolekOrien (DO), Ph perairan, kecerahan, sedimen, salinitas, dan lain-lain.
    • Instrumentasi kimia. Lewat konsentrasi ini kamu akan fokus dalam kegiatan yang berhubungan dengan laboratorium, penelitian, dan percobaan.
    • Instrumentasi kesehatan masyarakat. Tidak berbeda jauh dengan instrumentasi kimia, kamu akan sibuk dengan pekerjaan yang berhubungan dengan peralatan dan obat-obatan yang kiranya mendukung pencegahan dan pengobatan demi menjaga kesehatan di lingkungan masyarakat sekitar.

    Sebenarnya masih banyak prospek kerja jurusan instrumentasi yang terdapat di luar sana. Namun, lewat artikel ini, saya sekadar memberikan contoh beberapa poin demi memangkas pertanyaanmu jika memilih program studi—saat kuliah nanti—ini.

    Sekian dari saya, semoga bermanfaat, dan terima kasih.

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad