Peran Alat Kesehatan Dalam Kondisi di Lingkungan

Alat-alat kesehatan lingkungan serta fungsinya sebenarnya sudah ditujukan untuk sesuatu tertetu, untuk memahami kondisi kesehatan lingkungan, kamu perlu mengetahui kalau kesehatan lingkungan didefinisikan sebagai kondisi lingkungan yang dapat menopang keseimbangan ekologis.

Baik dari yang dinamis antara lingkungan dan manusia untuk mendukung tercapainya realitas hidup bagi manusia yang sejahtera, sehat, dan bahagia. Maka dari itu, pantas saja jika setiap masyarakat perlu memahami alat-alat kesehatan lingkungan serta fungsinyasebagai tindakan awalmenjaga kesehatan.

Alat-alat kesehatan lingkungan

PentingnyaAlat-Alat KesehatanLingkungan Serta Fungsinya Bagi Manusia

Sebelum membahas lebih jauh tentang alat-alat kesehatan lingkungan serta fungsinya, mengupayakan untuk menjaga kesehatan lingkungan dapat melindungi kesehatan manusia melalui pengawasan, pencegahan, dan pengelolaan faktor-faktor lingkungan yang bisa mengganggu kesehatan manusia.

Sama halnya dengan kesehatan lingkungan sebagai cara untuk mencapai keseimbangan, keserasian, dan keselarasan lingkungan sehingga tercapai kondisi yang nyaman, sehat, aman, sejahtera, dan bersih terhindar dari gangguan penyakit, kecelakaan, dan pencemaran.

Sebenarnya ilmu kesehatan lingkungan dibatasi sebagai ilmu yang membahas dan mempelajari suatu dinamika hubungan interaktif antara masyarakat atau kelompok penduduk dengan segala macam perubahan pada komponen lingkungan hidup.

Seperti bahan, kekuatan atau zat, dan spesies di sekitar manusia yang dapat memiliki potensi untuk menimbulkan gangguan kesehatan masyarakatataumenimbulkan ancaman serta mencari upaya pencegahan.

2 PembahasanTentang Alat-Alat Kesehatan Lingkungan Serta Fungsinya

Nah, salah satu cara untuk mencegah potensi tersebut adalah mengenali alat kesehatan lingkungan. Pada bagian bawah paragraf ketiga akan saya uraikan dua alat yang digunakan beserta fungsinya untuk menjaga, mengupayakan, dan merawat manusia.

A. Alat Pembalut Luka

1. Plester

Fungsi: untuk menutup luka yang dilengkapi oleh pelekat.

2. GAAS atau Kain Kasa

Fungsi:

  • Kasa Hidrofil (Bandage Gauze) kain kasa panjang digunakan untuk membalut luka.
  • Pembalut Leher, berfungsi untuk menopang kepala dan membatasi pergerakan dari tulang leher.
  • Pembalut Gips, kain kasa yang dilengkapi oleh kalsium setelah dibalut, kemudian dibasahi air hangat agar mengeras. Kain ini berfungsi bagi penderita patah tulang.

B. Alat Perawatan Pasien

1. Warm Water Zak atau Botol Panas (Buli-buli Panas)

Memiliki bentuk serupa dengan kantung karet dengan tutup di ujungnya yang diisi air panas.

Fungsi: digunakan untuk mengompres panas.

2. Breast Pump and Relieve atau Pompa Susu

Bentuk dari alat ini berupa kantung dari karet dengan tutup di bagian tengahnya, kemudian diisi pecahan es batu.

Fungsi: digunakan untuk membantu memompa air susu agar keluar dari payudara perempuan yang sedang menyusui.

3. Nipple Shield atau Pelindung Puting Susu

Fungsi: alat ini digunakan untuk melindungi puting susu atau payudara yang lecet pada perempuan yang sedang menyusui, sehingga si bayi tetap bisa mendapatkan susu dengan cara menghisap melewati alat tersebut.

4. Air Cusion

Alat ini jika dipandang sepintas berbentuk lingkaran. Namun Air Cusion terbuat dari karet berbentuk lingkaran laiknya ban mobil, sedangkan diameter Air Cusion di dalam 13,5 cm dan di luar sejumlah 40 cm.

Fungsi: Air Cusion digunakan untuk tempat duduk pada pasien penderita ambeien atau wasir.

5. Colostomy Bag

Fungsi: digunakan untuk menampung fases pada pasien seusai operasi colon, berupa pembedahan usus buatan melalui otot dan kulit perut.

Sepertinya ulasan yang bisa saya tuliskan hanya segelintir poin-poin di atas. Paling tidak, dua poin di atas bisa memberikanmu upaya untuk mencegah kondisi yang tidak diinginkan dalam konteks kesehatan lingkungan.

Sekian dari saya, semoga artikel tentang alat-alat kesehatan lingkungan serta fungsinya bermanfaat untukmu. Terima kasih dan sampai jumpa di lain waktu.

Instrumentasi dot Info member of Abi NetWork

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

Tags: