Kegunaan Mesin CNC Milling di Dunia Industri Pabrik

Mesin CNC Milling – Dalam dunia perpabrikan, kita sering menemui istilah fabrikasi mekanik. Taukah anda ? Febrikasi adalah salah satu serangkaian pekerjaan dari beberapa komponen material baik berupa plat, pipa ataupun baja profil.

Dirangkai dan dibentuk setahapan demi setahap berdasarkan item-item tertentu sampai menjadi suatu bentuk yang dapat dipasang menjadi sebuah rangkaian alat produksi maupun konstruksi.

Nah, dalam dunia fabrikasi mekanik sendiri ada banyak jenis mesin yang sering dilibatkan dalam setiap prosesnya, diantaranya ialah: mesin Milling, Mesin Turning, Mesin Gerinda, mesin Drill, dan lain sebagainya.
Mesin CNC Milling

Mesin CNC Milling

Tentang Mesin CNC Milling

Namun disini yang menjadi pusat perhatian adalah mesin Milling. Dimana mesin ini sering digunakan untuk membuat benda kerja dengan bentuk dasar balok.

Dari mesin tersebut, jika kita lihat dari sistem operasinya kita dapat mengetahuinya menjadi dua bagian sistem kerja, yakni mesin konvensional dan mesin CNC.

Untuk mesin konvensional ini adalah sebuah mesin dimana digunakan dalam pergerakan meja dan cutter dilakukan secara manual, dengan menggunakan tangan melalui sebuah eretan. Sedang untuk mesin CNC ini untuk pergerakan meja dan cutter dikendalikan oleh suatu progam.

Dengan mesin CNC inilah akurasi dan kecepatan operasional mesin dapat kita kendalikan sesuai dengan kehendak kita.

Dari sini kita masih bertanya-tanya, bagaimakah cara pengoperasiaan mesin CNC Milling ini? Selain itu kita juga masih bingung apa sih kepanjangan dari CNC ini. CNC ini kepanjangan dari Computer Numerical Control.

Mesin milling dengan pergerakan meja mesin serta spindle atau rumah cutter dikendalikan oleh suatu progam. Lah, progam tersebut berisi langkah-langkah yang akan memerintah untuk dijalankan oleh mesin CNC.

Progam tersebut bisa langsung dibuat dengan progam NC maupun dibuat menggunakan PC plus software khusus untuk membuat progam NC. Namun sebelum kita lebih jauh lagi membahas akan keguanaan mesin CNC ini, kita perlu juga membahas akan keselamatan kerja.

Standar Keselamatan Kerja Mesin CNC Milling

Dalam setandarisasi keselamatan kerja ini, ada beberapa hal yang harus bahkan wajib kita perhatikan guna keselamatan pengopersi dari bahaya kecelakaan kerja maupun kerusakan mesin CNC ini.

Hal-hal yang perlu diperhatikan ialah sebagai berikut:
  • Pertama, gunakan pakaian kerja yang dirasa pas dengan poster tubuh pengoperasi, jangan terlalu longgar maupun sempit.
  • Kedua, selalu gunakan sepatu keselamatan taua yang lebih dikenal dengan sebutan safety shoe.
  • Ketiga, jangan lupa juga menggunakan kacamata pelindung ketika pengoperasi mesin berhadapan dengan mesin yang sedang beroperasi .
  • Keempat, yang paling penting jangan terlalu dekat dengan meja mesin di saat Pergantian Tool Otomatis sedang berlangsung.
Selain yang tertera di atas, juga perlu diketahui bahwa mesin CNC Milling ini dapat digerakkan dengan jangkauan 2 sumbu yakni sumbu X dan sumbu Y.

Terakhir ialah, panel kontrol sebagai pusat pemerintahan dari mesin CNC

0 komentar