Sejarah PLC

Sejarah PLC

1968

Pembuatan PLC pertama kali terjadi pada tahun 1968, hal ini dilakukan untuk melayani permintaan dari sebuah produsen mobil di Amerika yaitu General Electric (GE). PLC digunakan dalam bidang industri pada sekitar tahun 1969.

1973

Kemampuan dalam komunikasi dengan perangkat sensing dan lain-lain mulai muncul pada tahun 1973, sehingga PLC mulai dapat digunakan untuk mengirim dan menerima berbagai tegangan sebagai dasar hubungan untuk memasuki dunia analog.
Sejarah PLC

1980

Kemajuan pada tahun 80-an adalah mulai membakukan dengan Manufacturing Automation Protocol (MAP), mengurangi ukuran fisik PLC dan membuat pemrograman perangkat lunak (software) dengan simbol pemrograman komputer pribadi maupun programmer genggam.

1990

Kemudian pada tahun 90-an mulai turun secara bertahap protokol – protokol baru, juga memodernisasi bentuk fisik protokol yang dibuat tahun 1980-an.

Standar terbaru untuk bahasa pemrograman adalah “IEC 1131-3”, sebuah bahasa pemrograman standar PLC untuk seluruh dunia. PLC ini memiliki pemrograman fungsi blok diagram, daftar perintah / instruksi, C dan teks terstruktur yang sama (sebagai standar Internasional).

0 komentar