Komunikasi RS232

Komunikasi RS232

Tentang RS232

RS232 adalah salah satu metode komunikasi asinron. Metode ini menggunakan sistem biner dalam mengirimkan data dalam format ASCII. PLC memiliki port yang digunakan untuk mengirim dan menerima data, dalam hal ini yang dikirimkan dan diterima adalah tegangan.

Dalam menggunakan metode komunikasi RS232, pengiriman 1 bit diwakili oleh tegangan -12 volt, sedangkan 0 bit adalah pada tegangan 12 volt. (tegangan antara +/- 3 volt dianggap ada dua jenis perangkat RS232).
Komunikasi RS232

DTE

DTE adalah kependekan dari Data Terminal Equipment, contoh yang sering kita temui adalah pada komputer, misalnya komunikasi modem.

PLC dapat berupa DTE ataupun DCE, pada saat kedua perangkat yaitu PLC dan perangkat eksternal adalah DTE (atau keduanya DCE) maka perangkat itu tidak dapat berkomunikasi satu dan yang lain. Solusinya adalah penggunaan koneksi null-modem.

Pada umumnya PLC adalah DTE dan perangkat eksternal-nya adalah DCE.

Penggunaan RS232 pada PLC

Beberapa produsen PLC menggunakan RS232 untuk kemampuan berkomunikasi dengan perangkat luar, namun untuk beberapa tipe lainnya membutuhkan modul khusus untuk berkomunikasi dengan RS232 dengan perangkat eksternal.

Untuk berkomunikasi melalui RS232 kita harus men-setting :

  1. Dimana di dalam memori data disimpan dan akan di kirim.
  2. Dimana di dalam memori data untuk menempatkan yang diterima dari perangkat luar.

0 komentar