Komunikasi PLC 2

Komunikasi PLC 2

START / STOP Bit

  1. START Bit, adalah sinkronisasi bit untuk menambahkan sebelum masing-masing karakter saat mengirim data. Juga disebut sebagai SPACE atau tegangan negatif (0).
  2. STOP Bit, adalah penempatan pada karakter terakhir data yang baru dikirimkan. Juga disebut MARK atau tegangan positif (1).

Paritas Bit (Pariy Bit)

Paritas bit berfungsi untuk memeriksa apakah kesalahan (corrupt) telah terjadi). Bentuk umum yang dipakai adalah : None, Even  dan Odd.

Selama pengiriman dan penerimaan data, pengirim menghitung bit paritas ini dan mengirimkannya. Kemudian penerima menghitung paritas untuk karakter sebagai pembanding hasil dengan bit paritas yang diterimanya.

Jika dalam penghitungan tersebut ternyata hasilnya tidak sama, maka kesimpulannya telah terjadi kesalahan (corrupt) indikasi ini untuk memberikan tindakan yang tepat.

Baud Rate

Baud Rate adalah jumlah bit dalam satu detik satuan yang dikirimkan maupun diterima. Nilai umum yang dipakai adalah 1200, 2400, 4800, 19200 dan 38400.
Komunikasi PLC 2

Format Data RS232

Format Data RS232 (Baud Rate-Data Bitsparity-Stop Bits),  9600-8-N-1 artinya tingkat Baud-nya adalah 9600, 8 bit data, none paritas, dan 1 stop bit.

Sofware Hanshaking

Perangkat lunak handshaking (flow control) digunakan untuk memastikan bahwa kedua perangkat yang terhubung siap untuk mengirim dan menerima data.

Yang paling sering digunakan “character flow control" adalah XON / XOFF. Penerima mengirimkan karakter XOFF ketika menginginkan pengirim untuk menghentikan sementara pengiriman data. Saat sudah siap kembali menerima data, maka akan mengirimkan karakter XON ke perangkat pengirim.

STX dan ETX

Kadang-kadang pasangan STX dan ETX digunakan untuk pengiriman / penerimaan juga. STX adalah “start of text” dan ETX adalah “end of text”.

STX dikirimkan lebih dahulu sebelum data dan menyatakan ke perangkat luar (eksternal) bahwa data telah siap. Setelah semua data telah terkirim, kemudian baru karakter ETX dikirim.

ACK dan NAK Pair

Pada saat perangkat pengirim mengirimkan data, jika perangkat penenrima menerima data tanpa kesalahan maka akan mengirimkan kembali karakter ACK.

Namun jika selama pengiriman data terjadi kesalahan, maka perangkat penerima akan mengirimkan karakter NAK untuk meminta mengirim ulang data.

0 komentar