Antara Muka (Interface) RS485

Antara Muka (Interface) RS485

Pengertian Komunikasi RS485

RS485 adalah salah satu komunikasi metode multi-drop yang memungkinkan perangkat untuk berkomunikasi dengan beberapa perangkat luar pada waktu yang sama.

Standar komunikasi perangkat adalah 32 perangkat tersambung secara bersama-sama, hingga pengiriman terjauh adalah 1200 meter.

Untuk memperpanjang jarak komunikasi tentunya dibutuhkan perangkat repeater. Sambungan jaringan dengan RS485 dapat menggunakan hanya dua core kabel tapi juga bisa menggunakan empat core kabel.
Antara Muka (Interface) RS485

Pada jaringan dengan jumlah empat kabel, jaringan dapat berkomunikasi dua arah secara simultan, sedangkan pada pemakaian kabel dua core hanya komunikasi satu arah.

Dalam prakteknya dibutuhkan setidaknya 3 core ataupun 5 core kabel, kabel ketiga dan kelima sebagai kabel grounding.

Kelemahan RS485

Kelemahan dari cara komunikasi RS485 adalah sulit untuk program, karena hanya menggunakan 2 core kabel yang sama untuk mengirim maupun menerima data, jadi node lain hanya dapat menerima pada saat itu.

Kelebihan RS485

Kelebihannya adalah mendukung komunikasi jarak jauh tanpa masalah, Ini juga menggunakan sinyal interface lebih rendah daripada RS232, yang berpengaruh pada rangkaian interface sulit mengalami kerusakan.

0 komentar