Level / permukaan cairan pada Process Control System Separator

Pada Process System Separator terdapat dua macam cairan yang di kontrol, yaitu permukaan cairan air dan permukaan minyak.

Di beberapa fasilitas yang tidak memiliki tempat pembuangan air (depurator), yang di kontrol hanyalah permukaan cairan campuran minyak dan gas.

Pengaturan level cairan di dalam separator pada prinsipnya sama dengan pengaturan tekanan, yaitu level cairan tidak boleh terlalu rendah maupun terlalu tinggi.

Level cairan di kontrol dengan Level Controller ( baik minyak maupun air) dan Level Control Valve (LCV) yang memiliki Action Fail Closed (FC) yang artinya bila terjadi keadaan darurat dimana gas bertekanan habis, maka kontrol valve tersebut akan tertutup sehingga cairan didalam separator masih ada (tidak sampai kosong).

Pengaturan level cairan berada ditengah-tengah dari unit separator. Bila pengaturan level terlalu rendah maka akan ada kemungkinan gas masuk ke saluran cairan sehingga mengakibatkan kesalahan pembacaan hasil dari fluida di metering.
Level / permukaan cairan pada Process Control System Separator

Sedangkan bila pengaturan atau penempatan level cairan terlalu tinggi, maka cairan akan masuk ke saluran gas dan ini sangat berbahaya apabila gasnya langsung dibakar.

Untuk mencegah agar tidak tejadi hal tersebut, maka dipasang pengaman dengan menggunakan sebuah Level Switch High (LSH) dan Level Switch Low (LSL).

0 komentar