Pengertian dan latar belakang instrumentasi

Pengertian dan latar belakang instrumentasi

Pengertian Instrumentasi

Instrumen adalah suatu peralatan yang sangat dibutuhkan pada dunia industri, baik pada industri perminyakan maupun diluar industri perminyakan. Pemakaian instrumen sangat luas sekali di bidang perminyakan , antara lain:
  • Topografi, Eksplorasi, Pengeboran.
  • Eksplotasi, Produksi.
  • Pengolahan, Pemasaran.
  • Rumah Sakit, Laboratorium 

Maksud Instrumentasi

Sedang yang di maksud instrumen di sini adalah:
  • Alat-alat ukur, Alat-alat kontrol 
  • Safety System, Alat Analyzer 
Misalnya suatu plant ( berupa pabrik atau kilang), tentu ada inputnya yang dapat berupa raw material dan energi untuk mendapat output yang berupa produk.

Tujuan Mendirikan Plant

Dan tujuan mendirikan plant tersebut adalah untuk mendapatkan keuntungan yang bisa didapat dengan syarat : pengeluaran sedikit mungkin dengan hasil pemasukan yang sebesar-besarnya dengan selalu memperhatikan faktor safety.




Kerugian Proses Industri

Jadi pabrik harus berjalan seefisien mungkin, dengan mengatur "kerugian harus seminimal mungkin". Kerugian ini dapat terjadi karena:
  • Losses (hilang),
  • Hasil yang tak dipakai,
  • Alat produk yang rusak.
  1. Losses. Dapat terjadi karena kebocoran pada jaringan pemipaan, alat instrumen tidak akurat, kerja peralatan proses yang tidak maksimal, kurang cermat, salah hitung dan lain-lain.
  2. Hasil yang tak dapat dipakai / tidak memenuhi syarat. Karena kita tidak bisa mengendalikan plant seperti yang yang direncanakan, sehingga kualitas dan kuantitas rendah. Dapat diketahui dari analisa material balance (imbangan antara banyaknya input dengan produk).
  3. Alat produksi yang rusak. Tidak dapat atau keliru memakai peralatan secara semestinya. Misalnya suatu vessel dengan pressure maks. 10kg/cm3 digunakan dengan tekanan 20kg/cm3 maka akan pecah. 
Maka kita memerlukan suatu alat untuk membantu mencegah losses, juga alat untuk membantu produksi sehingga memenuhi syarat, serta alat untuk membantu mencegah rusaknya alat-alat produksi.

Kesimpulan Instrumentasi

Secara umum dapat dikatakan, kita memerlukan alat yang dapat membantu mengatasi sebab-sebab losses yang sering di sebut "instrumentasi".

Semakin rumit suatu plant, semakin besar kita memerlukan alat-alat tersebut, bahkan menurut perkiraan 20% dari biaya pembuatan plant tersebut digunakan untuk instrumentasi.

Kalau kita hendak menjalankan plant seperti yang kita kehendaki, maka kita harus mengendalikan faktor-faktor yang mempengaruhi proses tersebut.